Visi Misi

A. VISI

Pada Tahun 2035 Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka dalam penggunaan Bahasa Inggris di bidang komunikasi bisnis dan profesional tingkat internasional.

B. MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aplikatif dan berkualitas sesuai pengetahuan dan keterampilan di bidang Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional;
  2. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEK melalui pemberdayaan sumber daya yang dimiliki;
  3. Mengembangkan dan menerapkan hasil penelitian terapan yang inovatif di bidang Bahasa Inggris yang mendukung komunikasi bisnis dan profesional dan berkontribusi terhadap masyarakat;
  4. Membina kemitraan dengan stakeholders di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

C. TUJUAN PENDIDIKAN

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berkarakter yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis untuk menunjang komunikasi dalam bisnis dan profesional;
  2. Menghasilkan sumber daya manusia profesional dan berkarakter yang mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, baik di dalam maupun di luar lembaga, dengan Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional sesuai standar nasional dan/atau internasional;
  3. Menghasilkan sumber daya manusia profesional yang mampu berwirausaha sesuai standar nasional dan/atau internasional;
  4. Mengembangkan dan menciptakan karya baru yang inovatif untuk mendukung bidang Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional;
  5. Melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang Bahasa Inggris melalui berbagai bentuk kerjasama yang menunjang komunikasi bisnis dan profesional.

Program Studi Diploma Empat Bahasa Inggris untuk komunikasi Bisnis dan Profesional dirancang untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang komunikasi bisnis, kehumasan dan industri kreatif berbasis bahasa. Adapun kompetensi keahlian yang diharapkan adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi profesional yang memiliki kompetensi kebahasaan Bahasa Inggris termasuk skills Listening, Speaking, Reading dan Writing;
  2. Menjadi profesional yang memiliki kemampuan memahami teknologi yang teringegrasi dalam bidang komunikasi bisnis dan profesional;
  3. Menjadi profesional yang memililki kompetensi pendukung kehumasan untuk ahli Bahasa Inggris dalam hubungan masyarakat berdasarkan SKKNI No.629 Tahun 2016;
  4. Menjadi profesional yang memiliki kemampuan sebagai tenaga administrasi profesional yang secara faktual ada dan diperlukan oleh masyarakat pada sektor jasa di bidang Bahasa Inggris berdasarkan SKKNI No. 027 Tahun 2009.
  5. Menjadi profesional yang mampu mengembangkan ide kreatif di bidang komunikasi bisnis melalui program kewirausahaan (entrepreneurship) untuk menghasilkan cipta dan karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara;
  6. Menjadi profesional yang memiliki interpersonal yang baik, mampu beradaptasi dengan tuntutan perubahan (adaptability) dan mampu belajar dari pengalaman (experience learning) sebagai usaha terus menerus belajar sepanjang hayat baik melalui pendidikan formal akademik, profesi lanjut ataupun studi mandiri dalam mendukung kemajuan karirnya.
  7. Dengan kualifikasi tersebut diatas, lulusan program studi logistik niaga elektronik dapat berprofesi sebagai public relation and customer service officer, translator/interpreter, international trade administrative staff, creative advertising staff, international marketing staff, jurnalis media berbahasa Inggris, dan wirausaha di bidang Bahasa Inggris.

D. PROFIL LULUSAN

Adapun profil lulusan Program Studi Diploma Empat Bahasa Inggris untuk komunikasi Bisnis dan Profesional adalah sebagai berikut ini:

NoProfil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
1Public relation and customer service officerLulusan memiliki kemampuan dalam hubungan public (public relation) yang mampu menciptakan dan menjaga komunikasi dengan pihak luar organisasi atau institusi, seperti pelanggan, investor, pemegang saham, media, lembaga pemerintah, karyawan, masyarakat sekeliling dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik serta mampu menyajikan presentasi lisan tentang produk atau service yang dihasilkan oleh perusahaan.
2Translator/interpreter bidang bisnis dan profesi terkaitLulusan memiliki kemampuan dalam bidang penerjemahan yang dapat menerjemahkan naskah sosial budaya, ekonomi dan bisnis, hokum terkait bisnis, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya serta juru bahasa (interpreter) yang dapat menerjemahkan pembicaraan di dalam pertemuan, negosiasi, serta seminar bisnis dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan pemanfaatan teknologi.
3International trade administrative staffLulusan memiliki kemampuan dalam pembuatan dokumen-dokumen perdagangan internasional, surat terkait perdagangan dan keuangan, dan laporan singkat tentang kegiatan yang ada di perusahaan dalam Bahasa Inggris dengan pemanfaatan teknologi.
4Creative advertising staffLulusan memiliki kemampuan dalam penulisan iklan dalam bentuk leaflet, brosur, advertorial dalam media cetak dan on-line dalam bahasa Inggris dengan baik dengan pemanfaatan teknologi.
5International Marketing StaffLulusan memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran yang mampu merancang, menciptakan dan melaksanakan pemasaran internasional, termasuk merancang materi promosi berbahasa Inggris.
6Jurnalis media berbahasa InggrisLulusan memiliki kemampuan dalam bidang jurnalistik atau koresponden yang mampu menulis berita di dalam bahasa Inggris, menyunting berita bahasa Inggris, menerjemahkan berita dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan baik.
7Wirausaha di bidang bahasa Inggris dan bidang-bidang terkaitLulusan memiliki kemampuan dalam bidang wirausaha yang dapat menjalankan bisnis di bidang bahasa Inggris, penerjemahan, penjurubahasaan, yang mampu melaksanakan tugas-tugas seorang pebisnis yang andal, yang mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dengan rekan bisnis dan pelanggan jika diperlukan.

E. STRUKTUR KURIKULUM

SemesterNama Mata KuliahBobot SKSRPSKeterangan
TeoriPraktik(pelaksanaan Merdeka Belajar)
IBahasa Indonesia20  
Pancasila20  
English Structure and Written Expression 120  
Understanding English News 120 
Understanding English Text 120  
Writing Business Correspondence20 
Office Applications Software02 MBKM
Business Language and Etiquette02  
Psychology of Communication20  
Total Semester I144  
IIPendidikan Agama20  
Pendidikan kewarnegaraan20  
Understanding English News II30  
Understanding English Text II30  
Introduction to Translation02 
English Structure and Written Expression II20  
Desktop Publishing02 MBKM
Business English Vocabulary20  
Total Semester II144  
IIISubtitling02 MBKM
Web Design02 MBKM
Mass Communication20  
Essay30  
English for Journalism30 MBKM
Public Speaking 102 
Cross Cultural Communication30 
English for Customer Service 130  
Total Semester III146  
IVTranslation of Fiction02  
Cross Cultural Understanding30  
English for Customer Service 230 MBKM
Presentation Skills03  
Language and Media30 MBKM
Introduction to Copywriting20 MBKM
Script Writing for Creative Program02MBKM
Public Speaking 202 
Total Semester IV146  
VScript Writing for News02 MBKM
Copywriting Project02  
Text and Context30  
English for Marketing and Advertising30  
Introduction to Interpreting20  
Statistics30  
Translation of Business Documents02MBKM
Syntax30  
Total Semester V146  
VILiaison Interpreting02 
Entrepreneurship02  
Travel Writing30  
English for Job Seeking20  
Research Methodology30  
English for Business Communication 130  
Translation Editing02MBKM
Social and Digital Media Writing30 MBKM
Total Semester VI164  
VIIInternship020  
Total Semester VII020  
VIIITOEIC Preparation21 MBKM
Skripsi08  
Total Semester VIII29  
Total SKS8364