Visi Misi

A. Visi

Pada Tahun 2035 menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang terdepan, berkualitas, dan adaftif dalam pemakaian Bahasa Inggris di bidang industri hospitaliti dan berdaya saing global

B. Misi

  1. Menyelenggarakan Pendidikan dan pengajaran yang aplikatif dan berkualitas sesuai dengan  perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar global;
  2. Mengembangkan  dan menerapkan hasil penelitian terapan dibidang Bahasa Inggris untuk industri hospitalitas dan berkontribusi terhadap masyarakat;
  3. Menyelenggarakan  pengabdian kepada masyarakat berbasis ipteks melalui pemberdayaan sumber daya yang dimiliki;
  4. Mewadahi minat dan bakat mahasiswa melalui kegiatan kemahasiswaan dan komunitas kewirausahaan dan teknologi;
  5. Membina kemitraan  dengan stakeholders baik ditingkat lokal,  nasional maupun internasional.

B. Tujuan Pendidikan

  1. Menghasilkan tenaga ahli madya yang berdisiplin, beretika, dan profesional mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis yang menunjang industri hospitality serta berjiwa kewirausahaan;
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian terapan serta  publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional;
  3. Meningkatkan peran dan kontribusi dosen dan mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris melalui pengabdian untuk menunjang pembangunan nasional;
  4. Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan kemahasiswaan;
  5. Meningkatkan kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan dengan stakeholders, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

C. Prospek Karir

  • Perusahaan Swasta Multinasional
  • Perusahaan Internasional
  • Lembaga Internasional
  • Lembaga Pemerintah
  • Pemerintah Daerah
  • BUMN dan BUMD
  • Lembaga Kementrian
  • Perhotelan dan Pariwisata

D. Profil Lulusan

  1. Fasih berbahasa Inggris
  2. Mempunyai pengetahuan dunia kerja bidang industri hospitaliti
  3. Lulusan program D3 Jurusan Bahasa Inggris POLSRI secara umum mampu bersaing dalam masyarakat untuk menjadi:
    • Translator
    • Script writer
    • Front Office Supervisor
    • Customer Service Supervisor 
    • Food and Beverage Product Supervisor
    • Food and Beverage Service Supervisor
    • Enterpreneur (wajib)

SIKAP
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada bangsa dan negara;menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;mampu bersikap dan berperilaku dalam masyarakat dan dalam karirnya sesuai dengan norma yang berlaku.      
PENGUASAAN PENGETAHUAN
Menguasai konsep  teoritis dasar penerjemahan dan prinsip-prinsip penerjemahan interlingual dan intralingual secara umum, termasuk teori equivalence, dynamic vs. formal equivalence, dan konsep-konsep dasar seperti domestikasi dan asingasi.Menguasai konsep teoritis  Struktur dan Fungsi bahasa Inggris dan bahasa Indonesia secara umum , termasuk tata bahasa, sintaksis, morfologi, dan semantik, serta bagaimana perbedaan struktural ini mempengaruhi proses penerjemahan.Menguasai  konsep teoritis  berbagai jenis struktur naskah secara umum , termasuk format dan teknik penulisan untuk media seperti film, televisi, dan teater. Ini meliputi pengetahuan tentang alur cerita, pengembangan karakter, dialog, dan pemanfaatan elemen dramatis.Menguasai konsep teoritis  Penulisan naskah dan konvensi media terkait secara umum , termasuk komedi, drama, thriller, dan lainnya. Mereka mampu membedakan ciri khas dan konvensi masing-masing genre serta mengaplikasikannya dalam penulisan naskah.Menguasai  konsep teoritis  prosedur dan sistem manajemen front office dalam konteks internasional secara umum , termasuk reservasi, check-in dan check-out, serta manajemen keluhan pelanggan, dengan penekanan pada penggunaan bahasa Inggris.Menguasai konsep teoritis prinsip-prinsip komunikasi lintas budaya secara umum , termasuk pemahaman tentang perbedaan budaya, norma, dan etiket dalam konteks internasional. Ini mencakup kemampuan untuk memahami dan menyesuaikan diri dengan berbagai cara berkomunikasi yang mungkin berbeda di berbagai budaya.Menguasai  konsep teoritis Teknologi Terkini dalam Manajemen Front Office secara umum,  termasuk perangkat lunak manajemen properti dan alat komunikasi berbasis digital.Menguasai  konsep teoritis produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan secara umum. Ini meliputi pengetahuan tentang fitur, manfaat, dan keunggulan produk, serta cara produk tersebut memenuhi kebutuhan pelangganMenguasai  konsep teorirtis pengetahuan mendalam tentang proses produksi dan pengolahan makanan dan minuman secara umum , termasuk teknik dan prosedur yang digunakan dalam industri makanan dan minuman. Ini mencakup pemahaman tentang standar keamanan makanan, teknik pengolahan, serta kualitas bahan baku.Menguasai  konsep teoritis tentang Standar Kualitas dan Regulasi Industri yang berlaku dalam industri makanan dan minuman secara umum , termasuk hukum dan peraturan kesehatan serta standar internasional yang mengatur produksi dan penyajian makanan dan minuman.Menguasai konsep teoritis Manajemen Rantai Pasokan dan Logistik yang relevan dengan industri makanan dan minuman secara umum . Ini meliputi pemahaman tentang pengadaan bahan baku, penyimpanan, distribusi, dan manajemen inventaris untuk memastikan efisiensi dan efektivitas operasional.Menguasai konsep teoritis tentang Etika dan Prosedur Layanan Makanan dan Minuman secara umum termasuk standar pelayanan, teknik penyajian, dan tata cara yang diharapkan dalam memberikan layanan berkualitas tinggi di restoran, hotel, dan layanan makanan lainnya.Menguasai konsep teoriti Teknik dan Proses Pembuatan Pastry secara umum , termasuk pembuatan adonan, penggunaan bahan-bahan spesifik, teknik pemanggangan, serta teknik dekorasi dan penyajian. Pengetahuan ini mencakup pemahaman tentang prinsip dasar pastry dan bagaimana menerapkannya untuk menghasilkan produk yang berkualitas.Menguasai komsep teoritis tentang Standar Kualitas dan Keamanan Makanan  yang berlaku dalam industri pastry secara umum , termasuk prinsip-prinsip kebersihan, sanitasi, dan kontrol kualitas. Ini mencakup pemahaman tentang cara memastikan bahwa produk pastry memenuhi standar kesehatan dan keselamatan yang ditetapkan.Menguasai  konsep teoritis  secara umum tentang informasi lisan dalam konteks situasi hospitality,    
KETERAMPILAN UMUM
Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya;Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.      
KETERAMPILAN KHUSUS
Mampu Menerjemahkan berbagai jenis teks (seperti teks hukum, teknis, dan sastra) dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan akurasi tinggi, mempertimbangkan nuansa bahasa dan konteks budaya.Mampu mengevaluasi dan merevisi terjemahan dengan kriteria kualitas yang sesuai, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan melakukan perbaikan untuk memastikan terjemahan memenuhi standar profesional.Mampu Menulis Naskah yang Kreatif dan Efektif termasuk penyampaian cerita yang jelas, pengembangan karakter yang mendalam, dan penggunaan dialog yang sesuai dengan konteks dan karakter. Mereka mampu menghasilkan naskah yang siap pakai untuk produksiMampu Mengedit dan Merevisi Naskah untuk meningkatkan kualitas tulisan. Ini meliputi keterampilan dalam memperbaiki struktur cerita, memperbaiki kesalahan logika, memperhalus dialog, dan mengoptimalkan elemen naratif untuk mencapai hasil akhir yang lebih baikMampu melakukan  Prosedur dan Sistem Front Office dalam Konteks Internasional, termasuk reservasi, check-in dan check-out, serta manajemen keluhan pelanggan, dengan penekanan pada penggunaan bahasa Inggris.Mampu memahami  tentang Budaya dan Etika Global dalam Layanan Pelanggan : Lulusan harus memahami berbagai budaya dan etika global yang mempengaruhi interaksi dengan tamu internasional, serta bagaimana mengadaptasi layanan pelanggan sesuai dengan konteks budaya yang berbeda.Mampu  menulis dan menyusun  Dokumen dalam Bahasa Inggris  seperti laporan keuangan, laporan kedatangan dan keberangkatan tamu, dan dokumen pemesanan.Mampu berkomunikasi Verbal dan Non-Verbal dalam Bahasa Inggris termasuk kemampuan untuk berbicara dengan jelas dan persuasif, serta menggunakan bahasa tubuh dan ekspresi wajah yang sesuai untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan.Mampu  Mengelola Produksi dan Pengolahan Makanan dan Minuman, termasuk perencanaan produksi, pengawasan proses, dan kontrol kualitas untuk memastikan produk akhir sesuai dengan standar yang ditetapkan.Mampu  Menerapkan dan Mematuhi Regulasi Kesehatan dan Keselamatan, mampu menerapkan dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi kesehatan dan keselamatan di area produksi makanan dan minuman. Ini mencakup pengetahuan tentang prosedur sanitasi, pencegahan kontaminasi, serta penanganan bahan makanan yang aman.Mampi  berkomunikasi dan ber Koordinasi dalam Tim Produksi,  termasuk kemampuan untuk menyampaikan instruksi dengan jelas, mengoordinasikan aktivitas antara berbagai departemen, dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul selama proses produksi.Mampu  Menggunakan Sistem Pemesanan dan Kasir, termasuk keterampilan dalam memasukkan pesanan ke dalam sistem, menangani pembayaran, dan mengelola dokumentasi terkait transaksi dengan akuraMampu merancang dan menjalankan inovasi kreatif dengan metodologi culinary yang benar khususnya terkait dengan pengembangan bidang Teknikpengolahan hidangan bakery dan pastryMampu Mengelola Proses Produksi Pastry secara Efisien, termasuk perencanaan, persiapan bahan, pengendalian waktu, dan manajemen inventaris. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk memanage proses produksi dari awal hingga akhir, memastikan bahwa semua langkah dilakukan dengan efektif dan produk akhir memenuhi standar kualitas yang diharapkan.