Visi Misi
A. VISI
Pada Tahun 2035 Menjadi penyelenggara pendidikan vokasi yang unggul dan terkemuka dalam penggunaan Bahasa Inggris di bidang komunikasi bisnis dan profesional tingkat internasional.
B. MISI
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang aplikatif dan berkualitas sesuai pengetahuan dan keterampilan di bidang Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis IPTEK melalui pemberdayaan sumber daya yang dimiliki;
- Mengembangkan dan menerapkan hasil penelitian terapan yang inovatif di bidang Bahasa Inggris yang mendukung komunikasi bisnis dan profesional dan berkontribusi terhadap masyarakat;
- Membina kemitraan dengan stakeholders di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
C. TUJUAN PENDIDIKAN
- Menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan berkarakter yang mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis untuk menunjang komunikasi dalam bisnis dan profesional;
- Menghasilkan sumber daya manusia profesional dan berkarakter yang mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan kolega, baik di dalam maupun di luar lembaga, dengan Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional sesuai standar nasional dan/atau internasional;
- Menghasilkan sumber daya manusia profesional yang mampu berwirausaha sesuai standar nasional dan/atau internasional;
- Mengembangkan dan menciptakan karya baru yang inovatif untuk mendukung bidang Bahasa Inggris untuk komunikasi bisnis dan profesional;
- Melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang Bahasa Inggris melalui berbagai bentuk kerjasama yang menunjang komunikasi bisnis dan profesional.
Program Studi Diploma Empat Bahasa Inggris untuk komunikasi Bisnis dan Profesional dirancang untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang komunikasi bisnis, kehumasan dan industri kreatif berbasis bahasa. Adapun kompetensi keahlian yang diharapkan adalah sebagai berikut:
- Menjadi profesional yang memiliki kompetensi kebahasaan Bahasa Inggris termasuk skills Listening, Speaking, Reading dan Writing;
- Menjadi profesional yang memiliki kemampuan memahami teknologi yang teringegrasi dalam bidang komunikasi bisnis dan profesional;
- Menjadi profesional yang memililki kompetensi pendukung kehumasan untuk ahli Bahasa Inggris dalam hubungan masyarakat berdasarkan SKKNI No.629 Tahun 2016;
- Menjadi profesional yang memiliki kemampuan sebagai tenaga administrasi profesional yang secara faktual ada dan diperlukan oleh masyarakat pada sektor jasa di bidang Bahasa Inggris berdasarkan SKKNI No. 027 Tahun 2009.
- Menjadi profesional yang mampu mengembangkan ide kreatif di bidang komunikasi bisnis melalui program kewirausahaan (entrepreneurship) untuk menghasilkan cipta dan karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara;
- Menjadi profesional yang memiliki interpersonal yang baik, mampu beradaptasi dengan tuntutan perubahan (adaptability) dan mampu belajar dari pengalaman (experience learning) sebagai usaha terus menerus belajar sepanjang hayat baik melalui pendidikan formal akademik, profesi lanjut ataupun studi mandiri dalam mendukung kemajuan karirnya.
- Dengan kualifikasi tersebut diatas, lulusan program studi logistik niaga elektronik dapat berprofesi sebagai public relation and customer service officer, translator/interpreter, international trade administrative staff, creative advertising staff, international marketing staff, jurnalis media berbahasa Inggris, dan wirausaha di bidang Bahasa Inggris.
D. PROFIL LULUSAN
Adapun profil lulusan Program Studi Diploma Empat Bahasa Inggris untuk komunikasi Bisnis dan Profesional adalah sebagai berikut ini:
No | Profil Lulusan | Deskripsi Profil Lulusan |
1 | Public relation and customer service officer | Lulusan memiliki kemampuan dalam hubungan public (public relation) yang mampu menciptakan dan menjaga komunikasi dengan pihak luar organisasi atau institusi, seperti pelanggan, investor, pemegang saham, media, lembaga pemerintah, karyawan, masyarakat sekeliling dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik serta mampu menyajikan presentasi lisan tentang produk atau service yang dihasilkan oleh perusahaan. |
2 | Translator/interpreter bidang bisnis dan profesi terkait | Lulusan memiliki kemampuan dalam bidang penerjemahan yang dapat menerjemahkan naskah sosial budaya, ekonomi dan bisnis, hokum terkait bisnis, dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya serta juru bahasa (interpreter) yang dapat menerjemahkan pembicaraan di dalam pertemuan, negosiasi, serta seminar bisnis dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan pemanfaatan teknologi. |
3 | International trade administrative staff | Lulusan memiliki kemampuan dalam pembuatan dokumen-dokumen perdagangan internasional, surat terkait perdagangan dan keuangan, dan laporan singkat tentang kegiatan yang ada di perusahaan dalam Bahasa Inggris dengan pemanfaatan teknologi. |
4 | Creative advertising staff | Lulusan memiliki kemampuan dalam penulisan iklan dalam bentuk leaflet, brosur, advertorial dalam media cetak dan on-line dalam bahasa Inggris dengan baik dengan pemanfaatan teknologi. |
5 | International Marketing Staff | Lulusan memiliki kemampuan dalam bidang pemasaran yang mampu merancang, menciptakan dan melaksanakan pemasaran internasional, termasuk merancang materi promosi berbahasa Inggris. |
6 | Jurnalis media berbahasa Inggris | Lulusan memiliki kemampuan dalam bidang jurnalistik atau koresponden yang mampu menulis berita di dalam bahasa Inggris, menyunting berita bahasa Inggris, menerjemahkan berita dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan baik. |
7 | Wirausaha di bidang bahasa Inggris dan bidang-bidang terkait | Lulusan memiliki kemampuan dalam bidang wirausaha yang dapat menjalankan bisnis di bidang bahasa Inggris, penerjemahan, penjurubahasaan, yang mampu melaksanakan tugas-tugas seorang pebisnis yang andal, yang mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dengan rekan bisnis dan pelanggan jika diperlukan. |
E. STRUKTUR KURIKULUM
Semester | Nama Mata Kuliah | Bobot SKS | RPS | Keterangan | |
Teori | Praktik | (pelaksanaan Merdeka Belajar) | |||
I | Bahasa Indonesia | 2 | 0 | ||
Pancasila | 2 | 0 | |||
English Structure and Written Expression 1 | 2 | 0 | |||
Understanding English News 1 | 2 | 0 | √ | ||
Understanding English Text 1 | 2 | 0 | |||
Writing Business Correspondence | 2 | 0 | √ | ||
Office Applications Software | 0 | 2 | MBKM | ||
Business Language and Etiquette | 0 | 2 | |||
Psychology of Communication | 2 | 0 | |||
Total Semester I | 14 | 4 | |||
II | Pendidikan Agama | 2 | 0 | ||
Pendidikan kewarnegaraan | 2 | 0 | |||
Understanding English News II | 3 | 0 | |||
Understanding English Text II | 3 | 0 | |||
Introduction to Translation | 0 | 2 | √ | ||
English Structure and Written Expression II | 2 | 0 | |||
Desktop Publishing | 0 | 2 | MBKM | ||
Business English Vocabulary | 2 | 0 | |||
Total Semester II | 14 | 4 | |||
III | Subtitling | 0 | 2 | MBKM | |
Web Design | 0 | 2 | MBKM | ||
Mass Communication | 2 | 0 | |||
Essay | 3 | 0 | |||
English for Journalism | 3 | 0 | MBKM | ||
Public Speaking 1 | 0 | 2 | √ | ||
Cross Cultural Communication | 3 | 0 | √ | ||
English for Customer Service 1 | 3 | 0 | |||
Total Semester III | 14 | 6 | |||
IV | Translation of Fiction | 0 | 2 | ||
Cross Cultural Understanding | 3 | 0 | |||
English for Customer Service 2 | 3 | 0 | MBKM | ||
Presentation Skills | 0 | 3 | |||
Language and Media | 3 | 0 | MBKM | ||
Introduction to Copywriting | 2 | 0 | MBKM | ||
Script Writing for Creative Program | 0 | 2 | √ | MBKM | |
Public Speaking 2 | 0 | 2 | √ | ||
Total Semester IV | 14 | 6 | |||
V | Script Writing for News | 0 | 2 | MBKM | |
Copywriting Project | 0 | 2 | |||
Text and Context | 3 | 0 | |||
English for Marketing and Advertising | 3 | 0 | |||
Introduction to Interpreting | 2 | 0 | |||
Statistics | 3 | 0 | |||
Translation of Business Documents | 0 | 2 | √ | MBKM | |
Syntax | 3 | 0 | |||
Total Semester V | 14 | 6 | |||
VI | Liaison Interpreting | 0 | 2 | √ | |
Entrepreneurship | 0 | 2 | |||
Travel Writing | 3 | 0 | |||
English for Job Seeking | 2 | 0 | |||
Research Methodology | 3 | 0 | |||
English for Business Communication 1 | 3 | 0 | |||
Translation Editing | 0 | 2 | √ | MBKM | |
Social and Digital Media Writing | 3 | 0 | MBKM | ||
Total Semester VI | 16 | 4 | |||
VII | Internship | 0 | 20 | ||
Total Semester VII | 0 | 20 | |||
VIII | TOEIC Preparation | 2 | 1 | MBKM | |
Skripsi | 0 | 8 | |||
Total Semester VIII | 2 | 9 | |||
Total SKS | 83 | 64 |