Berasal dari kota kecil, Aanisah Yaasmiin berhasil magang ke Korea Selatan lewat program IISMA 2023.

Nama saya Aanisah Yaasmiin Fadillah, berasal dari kota Lubuklinggau yang sedang menempuh pendidikan diploma jurusan Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Sriwijaya. Saat ini sedang di menempuh pendidikan di Ulsan College, Korea Selatan lewat program Indonesia International Student Mobility Award 2023. Mendapat kesempatan untuk pergi ke negara yang sangat terkenal dengan musik ber-genre K-POP nya adalah suatu hal yang tidak pernah saya bayangkan. Rasanya susah sekali untuk bermimpi sebesar itu karena saya berasal dari kota yang kecil dari sebuah provinsi Sumatera Selatan. Jangankan pergi ke Korea, untuk mencapai ke Universitas Besar dan Terkenal di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Gadjah Mada saja rasanya sangat kecil kemungkinan untuk dapat memijakkan kaki ke Universitas besar seperti itu. 

Saya sangat bersyukur bahwasanya Politeknik Negeri Sriwijaya khususnya jurusan Bahasa Inggris sangat mendukung mahasiswanya untuk meraih mimpi sebesar besarnya. Lewat program Indonesia International Student Mobility Awards ini, Mahasiswa Sarjana sampai Vokasi dapat merasakan kesempatan untuk belajar di luar negeri selama satu semester, dan dibiayai penuh oleh pemerintah. Politeknik Negeri Sriwijaya sangat memberikan fasilitas kepada mahasiswanya untuk mendaftar program IISMA ini seperti memberikan fasilitas Try Out dan memberi kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan tes TOEIC gratis, dan juga mahasiswanya mendapatkan bimbingan essay serta konsultasi lainnya mengenai program IISMA ini. 

Sebelum keberangkatan ke negara Host University masing masing, para IISMA Awardees 2023 mempersiapkan keberangkatannya dengan mengikuti Pre-Departure Series serta ikut serta dalam challenge yang dipersiapkan oleh IISMA. Di PDS tersebut, para Awardees mendapatkan bekal serta informasi yang sangat berguna untuk digunakan di Negara tujuan. Dengan waktu satu bulan, banyak sekali ilmu dan materi yang didapatkan dari PDS tersebut. Selain PDS, terdapat challenge yang sangat menambah wawasan kita. Contohnya seperti The Sustainable Development Goals challenge, dan Massive Open Online Courses.

Tiba saat berangkat, kami ber-14 dengan selamat mendarat di Bandar Udara Internasional Incheon, Korea Selatan. Rasanya tidak percaya dapat memijakkan kaki ke negara yang saya impikan dari dulu. Setelah sampai, kami dijemput oleh pihak Ulsan College dan langsung menuju ke kota Ulsan yang memakan waktu sekitar 5 Jam dari kota Incheon. Ulsan College sangat memberi fasilitas yang baik kepada kami. Mereka selalu memastikan kami aman dan nyaman saat menempuh pendidikan disini.

Selain kegiatan belajar di kampus, kami juga mengikuti challenge Industrial Exposure dari program IISMA. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Ramada Encore Hotel Busan, serta Busan Exhibition and Conference Center. Disana, kami belajar tentang Perhotelan khususnya Hotel Ramada Encore tersebut, serta mendapatkan kesempatan untuk melihat beberapa room type yang ditawarkan oleh Ramada Encore ini. Contohnya seperti Superior Room, Suite Room, dan Studio Room. Setelah itu, kami mengunjungi Busan Exhibition and Conference Center untuk menghadiri acara 24th Busan International Travel Fair. Disana kami melihat serta belajar menyiapkan event dengan skala Internasional.

Selain itu, para Ulsan College awardees dari program Indonesia International Student Mobility Award ini mendapat kesempatan untuk menjadi bagian di Festival 2023 University of Ulsan. Kami menjadi ambassador dari Indonesia, dan memperkenalkan makanan serta benda benda dari Indonesia. Beberapa makanan dan minuman khas Indonesia seperti Indomie dan kopi Good Day yang sangat meraih komentar positif dari warga lokal serta warga internasional lainnya. Kami juga menyiapkan beberapa Batik untuk diperlihatkan dan memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mencoba pakaian khas Indonesia tersebut.

Semua perjalanan ini, tidak akan tercapai tanpa usaha dan doa. Semua kesempatan ini akan saya pakai sebaik-baiknya untuk menjadikan diri ini lebih baik dan dapat berguna bagi bangsa Indonesia. Demikian perjalanan yang dapat saya sampaikan, Saya ucapkan Terima Kasih sebanyak banyaknya kepada Politeknik Negeri Sriwijaya terutama jurusan Bahasa Inggris yang sangat mendukung serta memberikan fasilitas kepada saya untuk mengikuti program beasiswa ini. Lalu saya ucapkan terima kasih kepada pihak Indonesia International Student Mobility Award tahun 2023 yang memberikan saya kesempatan luar biasa ini. Saya harap, cerita saya dapat membuka mata teman teman bahwasanya dari manapun kalian, semua impian dan mimpi akan terwujud dengan usaha dan doa. Usaha dan Doa tidak akan mengkhianati hasil.

admin