Pengalaman Pertama Zalfa Mengikuti Lomba Nasional yang Membawanya Menjadi Juara di NTVSC 2024

National Tourism Vocational Skill Competition (NTVSC) merupakan ajang bergengsi untuk menampilkan keterampilan mahasiswa dalam bidang pariwisata yang di selenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se Indonesia (BAKORMA). Pada tahun 2024 ini NTVSC diselenggarakan di Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) pada 1–3 Oktober 2024. Cabang lomba yang dipertandingkan dalam NTVSC 2024, antara lain adalah Front Office Receptionist, Dessert Plating, Making Bed, Table Set Up, Tour Guiding, Fruit Carving, Mice Bidding, Tourism Business Idea, Cooking Competition, dan Tour Package. Pada NTVSC 2024 ini Zalfa berkesempatan untuk mengikuti cabang lomba Table Set Up mewakili Politeknik Negeri Sriwijaya. Ini adalah kali pertama bagi seorang Zalfa mengikuti lomba nasional, Zalfa benar-benar keluar dari zona nyamannya. Kurang lebih 2 minggu Zalfa berlatih untuk lomba ini.

Dalam prosesnya pun tidak sedikit  kendala yang dihadapi karena sebelumnya Zalfa hanya memiliki pengalaman dan pengetahuan saat di bangku SMK tentang Table Set Up ini. Beruntungnya, Zalfa diberikan bimbingan penuh oleh Bapak Achmad Leofaragusta dalam proses berlatihnya, sehingga semua kendala itu bisa diselesaikan dan dicari jalan keluarnya.

Saat sudah waktunya perlombaan Table Set Up yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober Zalfa memberikan semua kemampuan terbaiknya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Tak disangka-sangka pada hari penutupan NTVSC 2024 Zalfa dinyatakan mendapatkan juara 2 dalam kategori Kompeten. Zalfa merasa bersyukur atas hal yang telah dicapainya itu. Kabar baik yang ia dapat di hari itu membuatnya sadar bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Proses berlatih yang selama ini ia lakukan ternyata membuahkan hasil.

Harapan untuk kedepannya semoga Politeknik Negeri Sriwijaya terkhusus Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya dapat menjadi wadah bagi mahasiswa/i yang berpotensi dalam bidang perhotelan atau hospitality. Agar bisa menciptakan mahasiswa/i yang berkualitas untuk dapat maju dan berkembang lagi sehingga dapat mengharumkan nama Politeknik Negeri Sriwijaya khususnya di bidang perhotelan.

admin
Lulusan Terbaik Politeknik Negeri Sriwijaya dengan IPK 3.94: Perjalanan, Tantangan, dan Prestasi

Politeknik Negeri Sriwijaya – Rasa ingin tau saya tidak pernah padam, selalu didorong oleh hasrat yang mendalam untuk menjelajahi, mempelajari, dan memahami dunia di sekitar saya. Hal inilah yang bisa mendorong saya sehingga saya bisa menjadi lulusan terbaik untuk jurusan Bahasa Inggris dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3.94 pada Wisuda ke-40 Politeknik Negeri Sriwijaya. Begitu banyaknya tantangan yang saya hadapi begitu memasuki dunia perkuliah di jurusan tersebut, mulai dari adanya ketidaksiapan akan mata pelajaran baru, orang-orang baru, dan hal tidak terduga lainnya. Awalnya, saya berpikir bahwa adalah hal yang biasa untuk sekedar melewati ujian dan lulus naik menuju semester berikutnya.

Namun, tidak di sangka bahwa kemampuan dalam pembelajaran saya menyita perhatian dosen pengajar sehingga saya ditawarkan untuk mengikuti pertukaran pelajar secara online Bersama Politeknik Merlimau Melaka, Malaysia di saat saya masih berada di semester kedua. Banyak sekali pembelajaran baru yang saya dapatkan, namun hal yang lebih menyenangkan tentunya saat bertukar informasi wisata dengan pihak Malaysia.

Saya dapat mengaplikasikan semua pengetahuan yang sudah saya dapatkan selama saya belajar di kampus, baik dalam berbahasa Inggris atau dengan ilmu dalam bidang hospitaliti. Beranjak menuju kehidupan di semester empat, saya juga mendapatkan kesempatan untuk terus berkarya menggunakan kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti perlombaan debat di tahap nasional yaitu National University Debating Championship (NUDC)2023 dan National Polytechnic English Olympics (NPEO)X2023. Walaupun kedua kegiatan ini hanya berkelang satu minggu, namun saya bisa membuktikan bahwasannya manajemen waktu dan tenaga saya bisa dimanfaatkan secara baik.

Karenanya, saya berhasil menjadi novice quarterfinalist di NUDC dan menjadi semi-finalist dan pembicara terbaik ke-10 di NPEO. Selanjutnya, saya pun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan magang dan/atau belajar di negara daun maple sebagai salah satu awardee dan Co-Student Representative Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di Humber Polytechnic (sebelumnya College) di Toronto, Ontario, Kanada. Kegiatan ini memakan waktu selama empat bulan, terhitung dari tanggal 5 September – 16 Desember 2023. Ada banyak hal yang saya dalami mengenai industri pariwisatan dan perhotelan selama saya berada di sana karena jurusan yang saya ambil adalah bagian dari Event Management.

Risk Management, Catering Management, dan Public Relation adalah hal yang terhitung sebagai ilmu yang membuka kancah saya untuk memahami hospitaliti secara lanjut. Ketiga hal di atas sempat membuat salah satu rekan saya mengutarakan, “Mila, kamu keknya ngga pernah berhenti bergerak deh, selalu ada aja gebrakannya.” sehingga membuat saya berpikir bahwa ternyata ada banyak sekali kesempatan yang sudah diberikan oleh Politeknik Negeri Sriwijaya sehingga saya bisa menjadi pribadi muda kini. Namun tentu saja, hal-hal tersebut hanyalah faktor pendukung saya sebagai mahasiswa yang tetap memiliki kewajiban untuk terus mengejar cita-cita memiliki nilai yang memuaskan. Waktu, pemikiran, dan usaha yang sudah saya tuangkan selama tiga tahun ini berbuah manis dengan pencapaian final berupa nilai 3.94 yang membawa nama saya dan kedua orang tua saya kepada khalayak publik.

Mungkin orang-orang sejauh ini hanya membaca judul yang sudah saya sajikan, namun banyaknya pengabdian di belakang layar yang sudah saya berikan secara maksimal adalah kunci sebenarnya. Penyeimbangan antara kewajiban akademik dan kegiatan non-akademiklah yang bisa di nilai sebagai usaha murni saya sebagai seorang mahasiswa aktif Politeknik Negeri Sriwijaya. Selain itu, adanya bimbingan dari pihak jurusan Bahasa Inggris yang senantiasa mendorong saya untuk terus semangat dalam mencapai mimpi dan keinginan. Saya percaya apa yang sudah saya ceritakan bisa menjadi suatu motivasi bagi adik-adik untuk terus mencari kesempatan dan berkarya. Jangan ragu dan takut untuk terus mempertanyakan semua hal selagi hal tersebut bisa membawamu menuju ke masa depan yang cemerlang

Source: YouTube Untirta Official – [LIVE ROOM 2] Novice Quarterfinal NUDC 2023-NUSA CENDANA v. M. MALANG v. PLTK BALI v. PLTK SRIWIJAYA

Source: Polsri Official – Wisuda Ke-40 Politeknik Negeri Sriwijaya Hari Ke-1

admin
Kebiasaan kecil sehari-hari yang menjadi prestasi dalam kegiatan NTVSC 2024

Dari sejak kecil Arsa Loveina sudah terbiasa dalam membersihkan rumah seperti membersihkan tempat tidur, menyapu, mengepel dan lain sebagainya. Sehingga kebiasaan tersebut pun terbawa sampai sekarang. Terkadang hal-hal tersebut sering danggap remeh oleh orang-orang. Namun nyatanya kebiasaan kecil tersebut bisa membuat Arsa Loveina menjadi anak yang berprestasi.

             Dengan mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Bakorma yaitu NTVSC atau National Tourism Vocational Skills Competition 2024 di Banyuwangi. Arsa Loveina mewakili Politeknik Negeri Sriwijaya dan Sumatera Selatan untuk mengikuti lomba nasional tersebut.

             Dalam kegiatan perlombaan ini ada berbagai macam lomba seperti mice bidding, tour package, tour guiding, table set up, FO receptionist, cooking competition dan salah satunya making bed. Dalam proses berlatihnya, Arsa Loveina mengambil jurusan yang mendukung kegiatan lombanya yaitu Bahasa Inggris Hospitaliti Industri  yang mana memiliki mata kuliah housekeeping yang diampu oleh Bapak Leo Faragusta. Di sela kesibukan magangnya Arsa Loveina sangat giat berlatih dan konsisten agar bisa menjadi juara. Tidak hanya di kampus namun Arsa Loveina juga melatih skill bedding nya di tempat magang. Jadi tidak hanya di kampus, orang-orang yang sudah berpengalaman pada making bed seperti room boy pun mengajari dan memberikan ilmunya kepada Arsa Loveina.

           Pada saat perlombaan yang diselenggarakan dari tanggal 01-03 Oktober 2024 di Banyuwangi, Jawa Timur. Arsa Loveina berhasil mendapatkan Juara 3 dalam kategori master dan sejumlah uang. Berkat jerih payahnya ia berhasil mengharumkan nama Politeknik Negeri Sriwijaya. Harapan kedepannya semoga Jurusan Bahasa Inggris Hospitaliti Industri dapat menjadi wadah bagi mahasiswa/I yang memiliki skill di bidang perhotelan seperti making bed, cooking, FO receptionist dan lain sebagainya. Dengan tujuan dapat menciptakan lebih banyak lagi mahasiswa/I berprestasi dibidang perhotelan atau Hospitality Industri.

admin
HMJ Melaksanakan “Organization Management Training” Untuk Optimalisasi Proses Birokrasi Efisiensi Organisasi Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Inggris menyelenggarakan kegiatan Organization Management Training (OMT) & Sharing Session with Alumni pada tanggal 18 Mei 2024 di Aula Jurusan Bahasa Inggris. Acara ini merupakan seminar dan pelatihan dasar kepengurusan HMJ 2024, yang ditujukan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang birokrasi kampus kepada mahasiswa. PTKP, sebagai panitia inti, memimpin acara ini dengan bantuan divisi-divisi lain sebagai anggota, guna memastikan acara berjalan lancar dan efektif.

Tema OMT tahun ini adalah “Optimizing Bureaucratic Processes for Organizational Efficiency”, yang fokus pada alur surat-menyurat di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri). Seminar ini menggaris bawahi pentingnya proses proposal yang terstruktur, dimulai dari pengajuan di tingkat jurusan, persetujuan dan pengawasan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), hingga akhirnya disetujui oleh pimpinan. Dengan memahami dan memperbaiki alur surat-menyurat ini, diharapkan mahasiswa dapat menghindari kesalahan birokrasi yang pernah terjadi sebelumnya, dan menciptakan komunikasi yang jelas dan efisien dalam organisasi.

Pada pagi hari, acara dimulai dengan seminar yang mencakup sesi tanya jawab, memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan dan mendiskusikan berbagai aspek birokrasi dalam organisasi kampus. Setelah sesi tanya jawab, peserta diberi waktu istirahat (isoma), diikuti oleh sharing session dengan alumni dan mahasiswa tingkat enam. Sesi ini dibagi per divisi, memungkinkan peserta untuk mendapatkan wawasan langsung dari senior yang telah berpengalaman dalam mengelola birokrasi organisasi. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya mahasiswa, khususnya dalam hal birokrasi. Dengan dukungan dari alumni, mahasiswa baru diharapkan dapat belajar dari pengalaman mereka, serta memahami pentingnya struktur yang terorganisir dalam mencapai tujuan organisasi. Organization Management Training & Sharing Session with Alumni ini menjadi langkah penting dalam memperkenalkan dunia organisasi kampus secara menyeluruh dan meningkatkan efisiensi dalam menjalankan tugas-tugas birokrasi.

admin
Hobi Rizky Aliansyah menjadi Prestasi dalam Kegiatan PC Fest 2024!

Polytechnic Creative Festival (PC Fest) adalah kegiatan perlombaan yang diadakan oleh Bakorma dengan beberapa macam mata lomba jurnalistik seperti Campus Magazine, Video Dokumenter, Website Campus, Digital Poster, Mural Painting, Journalist Photography, Street Photography, News Anchor, dan News Writer. Tahun ini Politeknik Negeri Jakarta menjadi tuan rumah dalam kegiatan PC Fest 2024 yang diikuti oleh seluruh Politeknik yang ada di Indonesia, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) mengirimkan para peserta lomba dari Unit Kegiatan Mahasiswa Warta Politeknik Sriwijaya (UKM WPS) dan beberapa mahasiswa umum lainnya. Selama empat hari penyelenggaraan PC Fest 2024, Polsri sukses membawa pulang sejumlah penghargaan dari berbagai kategori.

Salah satu mahasiswa aktif jurusan Bahasa Inggris kelas 5 BA, Rizky Aliansyah yang berasal dari UKM WPS yang mengikuti lomba Campus Magazine yang memiliki nama “Majalah Ex_sis” bersama timnya berhasil mendapatkan juara 3 majalah terbaik, setelah hanya mendapatkan juara kategori berturut-turut di tahun lalu. Berkat usahanya sebagai ketua beserta timnya, mereka berhasil membuktikan bahwa mampu membuat sejarah baru dengan masuk ketiga besar majalah kampus terbaik di tahun 2024. Majalah Ex_sis (Ekspresi Mahasiswa) adalah produk jurnalistik dari UKM WPS yang ditahun ini, Rizky Aliansyah diamanahkan untuk menjadi ketua dalam kegiatan Launching Majalah Ex_sis yang akan dilombakan di PC Fest 2024.

Rizky Aliansyah beserta tim dibimbing langsung oleh dosen Bahasa Inggris Bpk. Beni Wijaya, S.pd., M. Pd. Selama proses kegiatan pembuatan Majalah Ex_sis Rizky Aliansyah memilih berita-berita terupdate seputar Polsri dan diluar kampus. Rizky juga mempromosikan mahasiswa-mahasiswa jurusan bahasa inggris di dalam majalahnya dengan memberikan informasi seputar IISMAVO yang bertujuan untuk menjadikan inspirasi bagi para pembacanya untuk menjadi mahasiswa yang aktif.      Hobi bisa menjadi prestasi yang tidak disangka-sangka, dengan hobi Rizky Aliansyah dibidang jurnalistik untuk memberikan berita-berita terpercaya sebagai informasi baru beserta inspirasi bagi para pembacanya telah memberikan prestasi untuk Polsri terutama pada Jurusan Bahasa Inggris. Harapan kedepannya semoga semua mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dapat mengembangkan hobi mereka tidak hanya dalam lingkup bahasa inggris saja tetapi mereka juga mampu mengekspresikan hobi mereka baik itu menggambar, olahraga, mendesain, fotografer, drama musikal, memasak, dan bermain alat musik. Karena di Polsri semua hobi yang dimiliki mahasiswa/i dapat diwadahi dengan berbagai UKM yang ada di Polsri.

admin
Pertama Kali! Tim PKM Jurusan Bahasa Inggris Berhasil Lolos ke Tahap Pendanaan Nasional

Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. Layanan pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang meliputi penandatanganan perjanjian kerjasama pelaksanaan PKM 5 Bidang dengan PTS dan penyaluran dananya. PKM 5 bidang tersebut meliputi PKM-P (penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi), dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Tim PKM Tory Boo angakatan 2022 mengambil bidang PKM-K dengan menerbitkan buku cerita anak. Judul proposal yang mereka ambil adalah “Tory-Boo Inovasi Buku Cerita Berbasis Budaya Indonesia sebagai Media Baca”. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Febuari tahun 2022 lamanya. Tim PKM mereka beranggotakan 5 orang dengan 4 dari jurusan Bahasa Inggris dan 1 dari Teknik Sipil diantaranya adalah Rizky Aliansyah sebagai Ketua Tim, Fransiska Amelia Tarigas sebagai Admin Sosial Media, Amanda Karmelita sebagai Budget Controler, Fathur Rohman sebagai Translator, Juanda Syahputra dari Teknik Sipil sebagai Layouter. Serta tim mereka dibimbing langsung oleh dosen pendamping Bpk. Ahmad Khoirul Akhir Tanjung, M. Hum.

Para anggota merupakan penerima beasiswa KIP-K dan Afirmasi dari kampus. Kegiatan ini merupakan dedikasi tim untuk Politeknik Negeri Sriwijaya dan juga jurusan Bahasa Inggris. Tim PKM-K Tory Boo juga berterimakasih kepada kampus dan jurusan karena sudah mewadahi bakat dan keahlian mereka dalam bidang kewirausahan dengan membuat buku cerita anak berbahasa inggris.

Tim PKM-K Tory Boo menerbitkan buku cerita anak berjudul “The Wondrous World of Tory and Boo” pada pertengahan bulan Agustus tahun 2023 buku tersebut dijual seharga Rp60.000/pcs. Dan saat ini buku mereka sudah terjual sebanyak 50 buku. Buku ini bertujuan untuk dapat melatih soft skill pada anak dalam berbahasa Inggris agar mereka dapat mempelajari bahasa Inggris melalui buku cerita atau buku fiksi lainnya dengan bahasa yang mudah dimengerti, mereka dapat mengingatnya dengan baik dan dapat mengartikan bahasanya. Dengan membaca buku cerita Tory Boo anak dapat memiliki hobi baru dengan membaca buku berbahasa Inggris, anak akan semakin tertarik dengan membaca jika buku yang dibaca menarik dan juga kreatif. Selain itu dengan membaca buku cerita berbahasa Inggris anak-anak dapat mengurangi penggunaan smartphone.

PKM-K Tory Boo telah menyelesaikan tahap PKP2 pada bulan September akhir tahun 2023 dengan melakukan persentasi daring nasional yang dilaksanakam di PENS. Saat ini tim PKM-K Tory Boo sedang menunggu pengumuman PIMNAS yang akan diumumkan akhir tahun ini. Tim PKM-K Tory Boo berharap dapat lulus PIMNAS dan mewakili Politeknik Negeri Sriwijaya dan jurusan Bahasa Inggris.

Untuk melihat kegiatan tim PKM-K Tory Boo, mereka memiliki sosial media berupa instagram di bawah ini:

https://instagram.com/toryboo.id

@/toryboo.id. Dengan kegiatan ini diharapkan untuk semua dapat menumbuhkan semangat bagi mahasiswa/i baru untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya terutama bagi para mahasiswa jurusan Bahasa Inggris.

admin