Hobi Rizky Aliansyah menjadi Prestasi dalam Kegiatan PC Fest 2024!

Polytechnic Creative Festival (PC Fest) adalah kegiatan perlombaan yang diadakan oleh Bakorma dengan beberapa macam mata lomba jurnalistik seperti Campus Magazine, Video Dokumenter, Website Campus, Digital Poster, Mural Painting, Journalist Photography, Street Photography, News Anchor, dan News Writer. Tahun ini Politeknik Negeri Jakarta menjadi tuan rumah dalam kegiatan PC Fest 2024 yang diikuti oleh seluruh Politeknik yang ada di Indonesia, dan Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) mengirimkan para peserta lomba dari Unit Kegiatan Mahasiswa Warta Politeknik Sriwijaya (UKM WPS) dan beberapa mahasiswa umum lainnya. Selama empat hari penyelenggaraan PC Fest 2024, Polsri sukses membawa pulang sejumlah penghargaan dari berbagai kategori.

Salah satu mahasiswa aktif jurusan Bahasa Inggris kelas 5 BA, Rizky Aliansyah yang berasal dari UKM WPS yang mengikuti lomba Campus Magazine yang memiliki nama “Majalah Ex_sis” bersama timnya berhasil mendapatkan juara 3 majalah terbaik, setelah hanya mendapatkan juara kategori berturut-turut di tahun lalu. Berkat usahanya sebagai ketua beserta timnya, mereka berhasil membuktikan bahwa mampu membuat sejarah baru dengan masuk ketiga besar majalah kampus terbaik di tahun 2024. Majalah Ex_sis (Ekspresi Mahasiswa) adalah produk jurnalistik dari UKM WPS yang ditahun ini, Rizky Aliansyah diamanahkan untuk menjadi ketua dalam kegiatan Launching Majalah Ex_sis yang akan dilombakan di PC Fest 2024.

Rizky Aliansyah beserta tim dibimbing langsung oleh dosen Bahasa Inggris Bpk. Beni Wijaya, S.pd., M. Pd. Selama proses kegiatan pembuatan Majalah Ex_sis Rizky Aliansyah memilih berita-berita terupdate seputar Polsri dan diluar kampus. Rizky juga mempromosikan mahasiswa-mahasiswa jurusan bahasa inggris di dalam majalahnya dengan memberikan informasi seputar IISMAVO yang bertujuan untuk menjadikan inspirasi bagi para pembacanya untuk menjadi mahasiswa yang aktif.      Hobi bisa menjadi prestasi yang tidak disangka-sangka, dengan hobi Rizky Aliansyah dibidang jurnalistik untuk memberikan berita-berita terpercaya sebagai informasi baru beserta inspirasi bagi para pembacanya telah memberikan prestasi untuk Polsri terutama pada Jurusan Bahasa Inggris. Harapan kedepannya semoga semua mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dapat mengembangkan hobi mereka tidak hanya dalam lingkup bahasa inggris saja tetapi mereka juga mampu mengekspresikan hobi mereka baik itu menggambar, olahraga, mendesain, fotografer, drama musikal, memasak, dan bermain alat musik. Karena di Polsri semua hobi yang dimiliki mahasiswa/i dapat diwadahi dengan berbagai UKM yang ada di Polsri.

admin
Pertama Kali! Tim PKM Jurusan Bahasa Inggris Berhasil Lolos ke Tahap Pendanaan Nasional

Program Kreativitas Mahasiswa adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta memperkaya budaya nasional. Layanan pengelolaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang meliputi penandatanganan perjanjian kerjasama pelaksanaan PKM 5 Bidang dengan PTS dan penyaluran dananya. PKM 5 bidang tersebut meliputi PKM-P (penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi), dan PKM-KC (Karsa Cipta).

Tim PKM Tory Boo angakatan 2022 mengambil bidang PKM-K dengan menerbitkan buku cerita anak. Judul proposal yang mereka ambil adalah “Tory-Boo Inovasi Buku Cerita Berbasis Budaya Indonesia sebagai Media Baca”. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak Febuari tahun 2022 lamanya. Tim PKM mereka beranggotakan 5 orang dengan 4 dari jurusan Bahasa Inggris dan 1 dari Teknik Sipil diantaranya adalah Rizky Aliansyah sebagai Ketua Tim, Fransiska Amelia Tarigas sebagai Admin Sosial Media, Amanda Karmelita sebagai Budget Controler, Fathur Rohman sebagai Translator, Juanda Syahputra dari Teknik Sipil sebagai Layouter. Serta tim mereka dibimbing langsung oleh dosen pendamping Bpk. Ahmad Khoirul Akhir Tanjung, M. Hum.

Para anggota merupakan penerima beasiswa KIP-K dan Afirmasi dari kampus. Kegiatan ini merupakan dedikasi tim untuk Politeknik Negeri Sriwijaya dan juga jurusan Bahasa Inggris. Tim PKM-K Tory Boo juga berterimakasih kepada kampus dan jurusan karena sudah mewadahi bakat dan keahlian mereka dalam bidang kewirausahan dengan membuat buku cerita anak berbahasa inggris.

Tim PKM-K Tory Boo menerbitkan buku cerita anak berjudul “The Wondrous World of Tory and Boo” pada pertengahan bulan Agustus tahun 2023 buku tersebut dijual seharga Rp60.000/pcs. Dan saat ini buku mereka sudah terjual sebanyak 50 buku. Buku ini bertujuan untuk dapat melatih soft skill pada anak dalam berbahasa Inggris agar mereka dapat mempelajari bahasa Inggris melalui buku cerita atau buku fiksi lainnya dengan bahasa yang mudah dimengerti, mereka dapat mengingatnya dengan baik dan dapat mengartikan bahasanya. Dengan membaca buku cerita Tory Boo anak dapat memiliki hobi baru dengan membaca buku berbahasa Inggris, anak akan semakin tertarik dengan membaca jika buku yang dibaca menarik dan juga kreatif. Selain itu dengan membaca buku cerita berbahasa Inggris anak-anak dapat mengurangi penggunaan smartphone.

PKM-K Tory Boo telah menyelesaikan tahap PKP2 pada bulan September akhir tahun 2023 dengan melakukan persentasi daring nasional yang dilaksanakam di PENS. Saat ini tim PKM-K Tory Boo sedang menunggu pengumuman PIMNAS yang akan diumumkan akhir tahun ini. Tim PKM-K Tory Boo berharap dapat lulus PIMNAS dan mewakili Politeknik Negeri Sriwijaya dan jurusan Bahasa Inggris.

Untuk melihat kegiatan tim PKM-K Tory Boo, mereka memiliki sosial media berupa instagram di bawah ini:

https://instagram.com/toryboo.id

@/toryboo.id. Dengan kegiatan ini diharapkan untuk semua dapat menumbuhkan semangat bagi mahasiswa/i baru untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di kampus Politeknik Negeri Sriwijaya terutama bagi para mahasiswa jurusan Bahasa Inggris.

admin