Pengalaman Pertama Zalfa Mengikuti Lomba Nasional yang Membawanya Menjadi Juara di NTVSC 2024

National Tourism Vocational Skill Competition (NTVSC) merupakan ajang bergengsi untuk menampilkan keterampilan mahasiswa dalam bidang pariwisata yang di selenggarakan oleh Badan Koordinasi Kemahasiswaan Politeknik Se Indonesia (BAKORMA). Pada tahun 2024 ini NTVSC diselenggarakan di Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) pada 1–3 Oktober 2024. Cabang lomba yang dipertandingkan dalam NTVSC 2024, antara lain adalah Front Office Receptionist, Dessert Plating, Making Bed, Table Set Up, Tour Guiding, Fruit Carving, Mice Bidding, Tourism Business Idea, Cooking Competition, dan Tour Package. Pada NTVSC 2024 ini Zalfa berkesempatan untuk mengikuti cabang lomba Table Set Up mewakili Politeknik Negeri Sriwijaya. Ini adalah kali pertama bagi seorang Zalfa mengikuti lomba nasional, Zalfa benar-benar keluar dari zona nyamannya. Kurang lebih 2 minggu Zalfa berlatih untuk lomba ini.

Dalam prosesnya pun tidak sedikit  kendala yang dihadapi karena sebelumnya Zalfa hanya memiliki pengalaman dan pengetahuan saat di bangku SMK tentang Table Set Up ini. Beruntungnya, Zalfa diberikan bimbingan penuh oleh Bapak Achmad Leofaragusta dalam proses berlatihnya, sehingga semua kendala itu bisa diselesaikan dan dicari jalan keluarnya.

Saat sudah waktunya perlombaan Table Set Up yang dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober Zalfa memberikan semua kemampuan terbaiknya agar mendapatkan hasil yang terbaik. Tak disangka-sangka pada hari penutupan NTVSC 2024 Zalfa dinyatakan mendapatkan juara 2 dalam kategori Kompeten. Zalfa merasa bersyukur atas hal yang telah dicapainya itu. Kabar baik yang ia dapat di hari itu membuatnya sadar bahwa hasil tidak akan pernah mengkhianati proses. Proses berlatih yang selama ini ia lakukan ternyata membuahkan hasil.

Harapan untuk kedepannya semoga Politeknik Negeri Sriwijaya terkhusus Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya dapat menjadi wadah bagi mahasiswa/i yang berpotensi dalam bidang perhotelan atau hospitality. Agar bisa menciptakan mahasiswa/i yang berkualitas untuk dapat maju dan berkembang lagi sehingga dapat mengharumkan nama Politeknik Negeri Sriwijaya khususnya di bidang perhotelan.

admin