PENDEBAT PEMULA JURUSAN BAHASA INGGRIS RAIH JUARA

Kompetisi Debat Nusantara (KDN) 2024 adalah salah satu cabang dari kegiatan English Scientific Festival of Sriwijaya (ESFORIA) 2024 yang diselanggarakan oleh KST KM FT UNSRI. Kegiatan ini diselenggarakan secara online (31 Agustus 2024) dan offline di Universitas Sriwijaya (10 Oktober 2024). Mahasiswa aktif jurusan Bahasa Inggris, Balqis Cahaya Kautsar dari kelas 3BA yang juga berasal dari UKM English Debating Society (EDS). Dalam kompetisi ini, Balqis berpasangan bersama Dwi Nur Fauziyyah dari jurusan Teknik Kimia dengan membawa nama KF Team (Kautsar Fauziyyah Team). Balqis bersama pasangan debatnya, Dwi bertanding dengan 15 tim lainnya yang berasal dari Polsri, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Sriwijaya.

Setelah bertanding di babak penyisihan, Balqis dan Dwi berhasil melaju ke babak final di urutan ketiga dan akan melanjutkan kompetisi di Gedung Teater Universitas Sriwijaya Indralaya. Balqis dan Dwi berhadapan dengan 3 tim lainnya yang berasal dari Politeknik Negeri Seiwijaya dan Universitas Sriwijaya.

Berdasarkan hasil pertandingan pada babak final, Balqis dan Dwi berhasil meraih juara kedua dengan medali perak. Sebagai pendebat pemula, Kompetisi Debat Nusantara (KDN) 2024 adalah kejuaraan debat pertama yang diraih oleh Balqis. Kejuaraan ini merupakan  batu pijakan yang harapannya akan menjadi semangat bagi Balqis untuk meneruskan karir debatnya. Balqis sangat berterimakasih kepada dosen Jurusan Bahasa Inggris sekaligus pembina UKM EDS Polsri yaitu Bapak Beni Wijaya, S.Pd., M.Pd. karena telah melatih Balqis, juga kepada teman-teman dari UKM EDS Polsri yang telah ikut berpartisipasi dalam persiapan untuk mengikuti kompetisi ini hingga berhasil meraih juara.

Kejuaraan ini merupakan prestasi untuk Jurusan Bahasa Inggris. Semoga semua mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dapat mengembangkan minat dan bakat mereka tidak hanya dalam lingkup bahasa Inggris saja, tetapi mereka juga mampu mengekspresikan minat dan bakat mereka dalam berbagai bidang, salah satunya bidang debat. Balqis juga berharap dapat terus mengasah minat dan bakat di bidang debat melalui UKM EDS Polsri, agar mampu meraih prestasi yang lebih baik di masa mendatang.

admin
MENJAWAB SEMUA KERAGUAN : PERJALANAN JUARA GLORIO CHRISTMAS STEFANUS!

Ragu, bimbang, dan cemas merupakan sifat yang lumrah dialami oleh manusia, Glorio Christmas Srefanus dari kelas 5 BB juga mengalami hal  yang sama saat proses menuju NTVSC 2024. National Tourism Vocational Skill Competition (NTVSC) merupakan ajang kompetisi  pariwisata yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Banyuwangi yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 3 Oktober dengan kategori lomba antara lain:  Front Office Receptionist, Dessert Plating, Making Bed, Table Set Up, Tour Guiding, Fruit Carving, dan lomba tim diantaranya Mice Bidding, Tourism Business Idea, Cooking Competition, serta Tour Package.

Table Set Up merupakan cabang lomba yang di ikuti oleh Glorio Christmas Stefanus. Berawal dari ajakan dari seorang teman, keraguan mulai muncul dibenaknya “ Apakah saya bisa melakukannya?”  begitulah kata-kata yang pertama kali terbesit di pikiran Glorio tetapi Glorio  berhasil memberanikan diri dengan yakin bahwa dengan persiapan dan Latihan yang tepat Glorio yakin bahwa Politeknik Negeri Sriwijaya dapat bersaing di kompetisi ini. 

Achmad Leofaragusta Kurniawan Komerendo, SE., M.MPar   merupakan pembimbing  dari cabang lomba Table Set Up dengan banyak pelatihan dan teori yang di berikan mampu membangun keyakinan Glorio bahwa Politeknik Negeri Sriwijaya mampu mendapatkan juara. Hari ke 3 sebelum terbang ke Politeknik Negeri Banyuwangi banyak pihak eksternal yang meragukan Glorio dikarenakan magang yang sedang dijalani Glorio menyebabkan daftar kehadiran latihan Glorio sangat minim, tetapi mereka tidak tahu bahwa belajar dan latihan dapat dilakukan di manapun. Glorio selalu berlatih di tempat magang dengan bantuan para senior disana. Dengan pelatihan yang dilakuakan di kampus dan Pada akhirmya usaha Glorio tidak sia-sia Glorio berhasil mendapat Juara III kstegori Master pada cabang lomba Table Set Up. Hasil tersebut mampu menjawab semua keraguan baik dari faktor internsl diri Glorio maupun eksternal.

admin