Mengenal lebih dekat salah satu alumni terbaik jurusan bahasa Inggris

Politeknik Negeri Sriwijaya – Lulus kuliah dengan predikat sangat baik merupakan keinginan banyak mahasiswa, tak terkecuali bagi Putri Sanawiyah. Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya ini berhasil lulus Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,92 dan dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dari Jurusan Bahasa Inggris di Wisuda ke-39 Politeknik Negeri Sriwijaya.

Mulai belajar di Politeknik Negeri Sriwijaya sejak tahun 2020, mahasiswi yang akrab disapa Putri ini mengaku bahwa dirinya merasa tertinggal dalam pelajaran karena sistem pembalajaran yang masih dilakukan secara online. Di awal perkuliahan, ia sama sekali tidak menyangka bahwa jurusan yang ia pilih akan berhubungan dengan dunia hospitaliti.

“Dulu aku berfikir bahwa jurusan bahasa Inggris Polsri itu berhubungan dengan pendidikan, ternyata kami juga belajar mengenai industri hospitaliti,” ungkap Putri. Namun, ia menjadikan hal tersebut sebagai sebuah tantangan baru yang mana akan memberikan banyak pembelajaran penting bagi karirnya kedepan. Selain itu, Putri juga terkadang merasa bahwa dirinya tertinggal dari teman-temannya yang aktif di berbagai kegiatan dan berprestasi. Untuk mengatasinya, gadis ini sering menyadarkan dirinya bahwa setiap orang memiliki garis waktunya masing-masing. Oleh karena itu, ia mengaku sempat menuliskan beberapa impian yang ingin dicapainya dan harus berfokus untuk mencapai apa yang menjadi tujuannya berkuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya, yaitu menimba ilmu dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Berprestasi di bidang akademik tidak serta merta membuat Putri menjadi mahasiswa yang pasif di kegiatan nonakademik. Di Tahun pertama kuliah, Putri menyibukkan dirinya di kegiatan organisasi yang ada di kampus. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Bidang Kreativitas dan Keilmuan pada Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya tahun 2022. Tidak hanya itu, Putri juga sempat menjabat sebagai Video Kreator pada salah komunitas yang bergerak di bidang Pendidikan pada tahun 2021. Baginya, menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non-akademik merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebagai mahasiswa. “Dengan menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan non-akademik, itu akan mengajarkan kita tentang bagaimana cara mengatur waktu yang baik dan bisa meningkatkan kemampuan serta kapabilitas diri kita” ujar sulung dari empat bersaudara ini.

Selain pengalaman organisasi, Putri juga berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari lomba yang telah diikutinya seperti Juara pertama pada lomba Podcast tingkat Nasional tahun 2021, penulis terpilih pada lomba menulis cerpen tingkat Nasional tahun 2021, dan peraih Mendali Emas pada Olimpiade Bahasa Inggris tahun 2023. Kemudian, Putri sekarang juga dinobatkan sebagai Duta Inspirasi Indonesia Batch 10 sebagai delegasi dari Sumatera Selatan.

Tak berhenti di situ, Putri juga berhasil menjadi awardee angkatan pertama Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) di Ulsan College, Korea Selatan dengan fokus pembelajaran ke industri hospitaliti. Selama masa studi di IISMA, Putri menghadapi banyak tantangan karena gaya pembelajaran serta perbedaan bahasa antara Indonesia dan Korea Selatan “Saya harus beradaptasi dengan berbagai perbedaan yang ada seperti budaya, lingkungan, cuaca, bahasa dan lain sebagainya,” tambahnya.

Namun, di balik segala pencapaian yang telah diraihnya, Putri juga berbagi pengalaman pahit di mana ia sering menghadapi penolakan dalam berbagai proses seleksi. Akan tetapi, hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk terus mengembangkan kemampuannya. Baginya, sebuah kegagalan akan menjadi langkah awal dalam memperbaiki kedepannya “lulus itu adalah sebuah bonus, yang penting kita telah berani untuk mencobanya” tandasnya.

Meskipun memiliki banyak pengalaman di luar akademik, Putri berhasil mempertahankan fokusnya pada prestasi akademik dengan meraih IPK 3,92. Baginya, tujuan utamanya untuk berkuliah adalah mencari ilmu sebanyak-banyak dan membuat kedua orang tuanya bangga terhadap apa yang telah diraihnya. Dan prestasi-prestasi tersebut, ia persembahkan untuk kedua orangtuanya yang telah bekerja keras dalam mendukung impian anak-anaknya.

Putri merasa sangat bersyukur dapat berkuliah di Politeknik Negeri Sriwijaya khususnya di Jurusan Bahasa Inggris, sebab banyak sekali peluang yang ditawarkan oleh jurusan ini kepada para mahasiswanya, mulai dari karir hingga internasionalisasi. Selain itu, dirinya juga merasa bahwa para dosen di jurusan Bahasa Inggris sangat suportif dan membantu para mahasiswanya. Putri yang awalnya ragu dengan jurusan yang dia pilih, sekarang menjadi yakin bahwa dia tidak salah memilih untuk belajar di jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya. Putri berharap agar ilmu yang telah diperoleh dari Politeknik Negeri Sriwijaya bisa bermanfaat bagi orang lain kedepannya.

admin