Athirah Putri Kamilah; Milestone yang Tidak Terduga di Tahun 2023

Halo semuanya! Namaku Athirah Putri Kamilah dari jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya. Senang rasanya bisa mendapatkan kesempatan untuk menimba ilmu selama satu semester di Negeri Daun Maple, tepatnya Humber College, lewat program Indonesian International Student Mobility Awards 2023. Tentunya semua perjalanan memiliki naik dan turun sedari awal muncul kata ‘niat’ untuk mengikuti program ini. Kata itu sendiri muncul disaat aku tidak memiliki kepercayaan bahwa aku bisa lulus untuk mengikuti program ini. Namun, seseorang datang kepadaku dan memberikan kata-kata penyemangat bahwa sejatinya aku bisa apabila aku mencoba untuk berusaha sebaik mungkin.

Mungkin saja waktu itu aku gagal, tapi usahaku tetap terhitung sebagai keberanian untuk mencoba keluar dari zona nyaman ‘anak rumahan’. Ya, aku belum pernah meninggalkan rumah dan ini benar-benar kali pertama ku hidup mandiri di luar naungan orang tua. Semuanya terasa sangat baru untukku dan aku meresapi setiap momennya.

Hidup sebagai anak dari guru bahasa Inggris tentunya semua bisa merasakan tekanan yang besar dari lingkungan sekitar. Guru, teman, keluarga, bahkan orang asing pun menginginkan sesuatu yang sama dengan apa yang orang tuamu lakukan, bahkan lebih. Semua tekanan itu memberikanku ide bahwa aku harus menjadi kesempurnaan dengan memiliki nilai yang tinggi. Tentu saja semua itu menjadi halangan tapi semua orang harus tetap mencoba yang terbaik, bukan? Aku mengikuti saran dari orang tuaku dan menempuh belajar di Politeknik Negeri Sriwijaya. Lalu aku bertemu seseorang yang memberikanku peluang yang banyak dan dorongan kuat untuk tetap maju meskipun semua ekspektasi menenggelamkan ku dalam pikiran. Dia jugalah yang memperkenalkanku dengan program IISMA ini.

Setelah diterima di program ini, perjalanan sebenarnya pun dimulai. Diriku dengan sembilan teman lainnya melakukan perjalanan kultural dari Indonesia ke Kanada. Banyak sekali tantangan yang aku hadapi sejak mendarat di host university. Dunia barat sangatlah berbeda dari yang aku bayangkan. Tentunya semua yang kualami adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.

Teman-teman yang menerimaku apa adanya, sistem pembelajaran yang menyenangkan, dan juga kegiatan yang memacu semangatku untuk terus maju. Salah satu sistem pembelajaran yang sangat aku gandrungi disini adalah ‘brain-pulling with quizizz’. Secara notabene, dosen akan memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengingat pembelajaran minggu lalu dengan menggunakan website quizizz. Mahasiswa akan menebak jawaban dari pertanyaan yang diberikan, dan mereka yang mendapatkan skor tertinggi akan diberikan token berupa hadiah rahasia. Walaupun kita yang ‘kalah’ tidak mendapatkan hadiah, tapi kita menjadi tau dimana letak kesalahan kita dan bisa dengan mudah menghadapi ulangan tengah semester.

            Tentu saja selain belajar, kita juga harus tetap merasa nyaman tinggal disini. Berjalan keliling kota atau sekitar kampus bersama teman-teman ataupun sendiri adalah salah dua opsi yang bisa dilakukan. Tentunya berteman sebanyak mungkin bisa mengisi kekosongan yang dirasakan saat seseorang merasa jauh dari rumah, terlebih untuk pertama kalinya. Tapi kita juga perlu mendapatkan me-time untuk menyegarkan pikiran dari segala kesibukan yang ada di depan mata. Karena, hey! Dua langkah maju dengan satu langkah ke belakang agar kita tetap menapak di atas bumi dengan keyakinan diri. Bernafas sejenak tidak akan membuat kita menjadi lemah, justru kita akan bisa mengkalkulasi apa yang sudah dan apa yang akan kita lakukan sejauh ini. Istirahat setelah hari yang panjang bisa menjadi ide yang bagus sebagai bentuk apresiasi dari diri sendiri untuk diri sendiri.

Pada akhirnya, niat dan dorongan lah yang membawaku dimana aku berpijak saat ini. Tentunya semua usaha tidak bisa dipisahkan dari cinta, kasih sayang, dan doa yang diberikan orang-orang sekitarku dan kesempatan yang diberikan oleh semua pihak yang ada. Dengan segenap hati aku berharap bahwa akan ada banyak mahasiswa/i di Indonesia yang dapat mengejar mimpi mereka melalui program ini. Semakin banyak mimpi yang terwujud, semakin banyak perkembangan untuk kedepan.

admin