Pertukaran Mahasiswa dan Dosen dalam Program I-VESC 2022 antaraJurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya dan Politeknik Merlimau Melaka

Berbagai kegiatan dan kerjasama diupayakan dalam rangka mencapai visi dan misi dari Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya. Disamping itu, adanya tuntutan untuk terus berkembang dan maju dalam bidang hospitality untuk tingkat internasional, maka Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Bapak Drs. Zakaria, M.Pd.,  serta Kantor Hubungan Intenasional Polsri, yang dikepalai oleh Ibu Dra. Tiur Simanjuntak, M. Ed.M., merealisasikannya dalam satu bentuk kerjasama antara Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Indonesia dengan Tourism and Hospitality Department, Politeknik Merlimau Melaka, Malaysia mengadakan kerjasama dalam program INTERNATIONAL VIRTUAL EXCHANGE SHORT COURSES 2022: I-VESC 2022 (BATCH 1) pada tahun 2022 yang lalu.

Adapun tujuan diadakannya program ini adalah untuk memperkuat keikutsertaan mahasiswa dan dosen di kedua institusi yang terlibat pada tingkat internasional dengan berbagi pengetahuan dan budaya. Kegiatan ini berlangsung selama 15 hari dari tanggal 1 Agustus – 15 Agustus 2022 secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting dengan melibatkan mahasiswa dan dosen dari Jurusan bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya serta mahasiswa dan dosen Jurusan Pariwisata dan perhotelan (Tourism and Hospitality Department) Politeknik Merlimau Melaka, Malaysia.

Hari pertama dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri Wakil Direktur Bidang Kerjasama, dan kepala Kantor Urusan Internasional Polsri, serta Ketua Jurusan Bahasa Inggris Polsri yaitu Bapak Dr.Yusri, M.Pd. Sebagai perwakilan dari Politeknik Negeri Sriwijaya dan juga beberapa perwakilan dari Politeknik Merlimau Melaka Malaysia.

Materi yang disampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa Politeknik Merlimau oleh dosen dari Politeknik negeri Sriwijaya, Bapak I Gede Surata, S.Pd., M.M. dan Bapak Achmad Leofaragusta K.K., S.E., M.MPar. adalah pengenalan tempat-tempat wisata di Palembang; Seni Ukir Buah (Fruit Carving); praktek memasak makanan tradisional dari Indonesia khususnya dari Palembang seperti Kue Kojo, pempek, Kue Maksuba, dan dimsum; pembuatan minuman mocktail; praktek flambé; serta praktek penataan hidangan utama dan hidangan penutup (plating techniques).

Sementara itu, dosen-dosen dari Politeknik Merlimau berbagi materi kepada mahasiswa-mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Polsri tentang tempat-tempat wisata di Malaysia; praktek memasak Laksam yang merupakan makanan tradisional Terengganu dan Nasi Kerabu; membuat minuman khas dari Malaysia; Scuba Diving di Malaysia; seni melipat serbet (napkin folding); pengenalan makanan dan minuman halal; dan pengenalan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) di Malaysia.

Mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini sangat antusias yang terlihat dari umpan balik yang mereka berikan di setiap akhir kelas, baik mahasiswa dari Jurusan Bahasa Inggris Politeknik Negeri Sriwijaya maupun mahasiswa dari Tourism dan Hospitality Department Politeknik Merlimau Malaysia. Kegiatan ini diakhiri dengan acara penutupan dari kedua Politeknik dan pembagian sertifikat kepada seluruh mahasiswa peserta dan juga para dosen pengajar dalam kegiatan ini.

admin